DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN NON-KEUANGAN DI INDONESIA

Authors

  • Peter Sony Trisakti School of Management
  • Haryo Suparmun Trisakti School of Management

DOI:

https://doi.org/10.34208/ejatsm.v3i4.2281

Keywords:

Nilai Perusahaan, Return on Asset, Current Ratio, Ukuran Perusahaan, Kebijakan Dividen, Pertumbuhan Penjualan

Abstract

Abstract: Firm value dictates the value of stock price that a company owns thereby, firm value is a crucial thing. The objective of this research is to obtain an empirical evidence about determinant of firm value in non-financial firms that listed in Indonesia stock exchange. The variabel that used in this research are return on asset, current ratio, firm size, dividend payout ratio, debt to asset ratio, ownership structure, and sales growth. The 282 data from 2019–2021 are obtained throught purposive sampling method. Data is analyzed by using multiple regression method.  The results show that return on asset, dividend payout ratio and debt to asset ratio have influence on firm value, while current ratio, firm size, ownership structure, and sales growth do not have significant influence toward firm value.

Keyword: Firm Value, Return on Asset, Current Ratio, Firm Size, Dividend Payout Ratio, Sales Growth

Abstrak: Nilai perusahaan mencerminkan nilai dari harga saham yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, oleh demikian nilai perusahaan merupakan hal yang penting.  Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris tentang determinan atas nilai perusahaan yang terdapat pada perusahaan-perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel yang digunakan pada penelitian ini yaitu return on asset, current ratio, firm size, dividend payout ratio, debt to asset ratio, ownership structure dan sales growth. 282 data dari tahun 2019-2021 diperoleh melalui metode purposive sampling. Data dianalisis menggunakan metode regresi berganda. Hasil menunjukkan bahwa return on asset, dividend payout ratio, dan debt to asset ratio memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan sedangkan current ratio, firm size, ownership structure dan sales growth tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

 

Published

2024-01-11

How to Cite

Sony, Peter, and Haryo Suparmun. 2024. “DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN NON-KEUANGAN DI INDONESIA”. E-Jurnal Akuntansi TSM 3 (4):213-24. https://doi.org/10.34208/ejatsm.v3i4.2281.