Karakteristik Perusahaan yang mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility

Authors

  • Gadiel Imanuel Santo Trisakti School of Management
  • Deasy Ariyanti Rahayuningsih Trisakti School of Management

DOI:

https://doi.org/10.34208/jba.v24i1.1166

Keywords:

Corporate Social Responsibility, Firm Size, Industry Type, Board of Commissioner Size, Institutional Ownership, Public Ownership, Firm Growth

Abstract

This research aims to obtain empirical evidence regarding the effect of firm size, industry type, board of commissioner size, institutional ownership, public ownership, and firm growth on the disclosure of corporate social responsibility (CSR). The data used in this research are manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for three years, from 2018-2020. The method used in determining the sample is purposive sampling with five sample criteria, so that there are 97 companies and 291 data that can be used in this study. This research uses multiple regression method in conducting data analysis. The results of the research stated that the variables of firm size, industry type, and institutional ownership have an influence on CSR disclosure, while the variables of board of commissioner size, public ownership, and company growth have no effect on CSR disclosure.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh dari ukuran perusahaan, tipe industri, ukuran dewan komisaris, kepemilikan institusional, kepemilikan publik, dan pertumbuhan perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tiga tahun yaitu dari 2018-2020. Metode yang digunakan dalam menentukan sampel adalah purposive sampling dengan lima kriteria sampel, sehingga terdapat 97 perusahaan dan 291 data yang dapat digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode multiple regression dalam melakukan analisis data. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel dari ukuran perusahaan, tipe industri, dan kepemilikan institusional memiliki pengaruh terhadap pengungkapan CSR, sedangkan variabel ukuran dewan komisaris, kepemilikan publik, dan pertumbuhan perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan CSR.

Published

2022-06-24

How to Cite

Santo, Gadiel Imanuel, and Deasy Ariyanti Rahayuningsih. 2022. “Karakteristik Perusahaan Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility”. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi 24 (1):171-84. https://doi.org/10.34208/jba.v24i1.1166.