KURIKULUM PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI: AKUNTASI MANAJEMEN DAN AKUNTANSI KEUANGAN
DOI:
https://doi.org/10.34208/jba.v1i2.366Keywords:
Accounting Profession, KPPA, KPSSAAbstract
Artikel ini membahas materi dan pendekatan pengajaran mata kuliah seminar akuntansi keuangan dan seminar akuntansi manajemen pada kurikulum pendidikan profesi akuntansi (KPPA) yang membedakan dengan kurikulum pendidikan strata satu akuntansi (KPSSA). Materi dan pendekatan pengajaran kedua mata kuliah tersebut harus dirancang kembali agar tidak terjadi tumpang tindih antara KPPA dengan KPSSA. Materi seminar akuntansi keuangan lebih ditekankan pada pembahasan masalah-masalah yang muncul dalam pelaporan keuangan, sedang materi seminar akuntansi manajemen ditekankan pada isu-isu mutakhir dan kontemporer dalam akuntansi manajemen yang sumbernya dapat diambil dari berbagai jenis publikasi: majalah, jurnal dan kumpulan bacaan. Pendekatan pengajaran kedua mata kuliah tersebut dirancang dengan menekankan pada aktivitas mahasiswa dan komunikasi dua arah, antara lain: metode kasus, diskusi, presentasi mahasiswa, penulisan paper, praktik dan latihan, dibandingkan metode kuliah tatap muka yang tradisional. Rancangan materi dan pendekatan pengajaran diarahkan untuk pencapaian ketiga aspek tujuan pembelajaran: kognitif, afektif dan psykomotorik.