ASPEK BUDAYA DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
DOI:
https://doi.org/10.34208/jba.v2i3.494Keywords:
budaya, sistem informasi manajemen, peningkatan berkelanjutan, organisasiAbstract
Berfokus atas budaya perusahaan adalah penting dengan dua alasan berikut: Pertama, budaya perusahaan mempengaruhi kinerja perusahaan, Kedua, membantu perkembangan budaya dengan lebih tepat akan mempercepat peningkatan continous improvement. Budaya perusahaan merupakan mindset of employee, meliputi penyebaran keyakinan, nilai, dan tujuan mereka ke dalam organisasi. Misalnya penyebaran tujuan meliputi suatu penekanan atas proses dan produk, kualitas yang tinggi, dan reliability. Penyebaran keyakinan dan nilai meliputi kepercayaan, kerjasama dan kejujuran. Perubahan culture menuntut individu-individu dalam organisasi harus belajar. Belajar memahami bahwa proses berkualitas hanya dapat dipertahankan oleh organisasi berkualitas. Organisasi berkualitas adalah organisasi yang menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pembangunan dan peningkatan kualitas secara berkelanjutan. Untuk membangun organisasi berkualitas diperlukan komitmen dari seluruh anggota organisasi. Komitmen akan terbangun jika dalam organisasi tersebut terdapat suasana saling menghargai antar anggota organisasi.