PENGUKURAN KINERJA BALANCED SCORECARD UNTUK ORGANISASI SEKTOR PUBLIK

Authors

  • DWI CAHYONO Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.34208/jba.v2i3.496

Keywords:

pengukuran kinerja, balanced scorecard, akuntansi sektor publik, akuntansi manajemen

Abstract

Konsep balanced scorecard pada dasarnya adalah suatu konsep pengukuran kinerja yang berusaha menerjemahkan strategi organisasi kedalam serangkaian aktivitas yang terencana yang dapat diukur secara kontinyu. Balanced scorecard meninjau peningkatan kinerja sebuah organisasi dari empat perspektif yaitu financial, costumer, internal bisnis dan pertumbuhan dan pembelajaran. Dan organisasi sektor publik dapat menggunakan pengukuran kinerja ini karena memang dalam pengukuran aspek financialnya mengalami kendala. Dalam prakteknya penerapan konsep Balance Scorecard ini tidaklah semudah yang diperkirakan karean penerpan konsep ini membutuhkan suatu komitmen dari manajemen pusat maupun karyawan yang terlibat dalam organisasi. Dari pendapat para ahli salah satunya Mavrinac (1999) sebagian besar perusahaan atau organisasi menemuai kesulitan pendektesian terhadap keselarasan aktivitas dan strategi perusahaan dengan tujuan yang hendak dicapai oleh organisasi dalam jangka panjang. Oleh karena itu bila memang akan diterapkan dalam organisasi sektor publik yang organisasinya terstruktur dari pusat sampai daerah perlu pemahaman dan peningkatan komitmen yang tinggi dalam penerapannya.

Published

2019-10-28

How to Cite

DWI CAHYONO. 2019. “PENGUKURAN KINERJA BALANCED SCORECARD UNTUK ORGANISASI SEKTOR PUBLIK”. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi 2 (3):284-93. https://doi.org/10.34208/jba.v2i3.496.