JENIS UMPAN BALIK DAN ESKALASI KOMITMEN: SUATU STUDI EKSPERIMENTAL

Authors

  • DENI DARMAWATI Universitas Trisakti
  • SYUKRIY ABDULLAH Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.34208/jba.v4i2.552

Keywords:

Eskalasi komitmen, Kondisi umpan balik negatif, Keputusan ekspansi, Keputusan dukungan pemasaran

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menguji hubungan jenis umpan balik negatif dengan eskalasi komitmen. Penelitian dilakukan dengan pendekatan eksperimen dengan menggunakan subyek program strata satu (S1) fakultas ekonomi jurusan akuntansi salah satu universitas swasta di Yogyakarta. Variabel independen dalam studi ini adalah keputusan ekspansi usaha dan keputusan menambah dukungan pemasaran. Jenis umpan balik negatif adalah kondisi basline (tidak ambigu, tidak ada laporan kemajuan, dan tidak ada informasi tentang benefits masa depan), kondisi umpan balik yang ambigu, kondisi umpan balik dengan laporan kemajuan (progress report), dan kondisi umpan balik dengan informasi manfaat di masa depan. Analisis dilakukan dengan menggunakan ANOVA. hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan diantara keempat jenis kondisi umpan balik negatif falam menjelaskan eskalasi komitmen. Hasil ini tidak konsisten dengan temuan Ghosh (1997), yang dalam studi ini merupakan acuan utama. Ketidakkonsistenan ini kemungkinan besar disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan pengalaman subjek tentang pengambilan keputusan atas proyek-proyek yang sebelumnya pernah mengalami kegagalan.

Published

2019-11-06

How to Cite

DENI DARMAWATI, and SYUKRIY ABDULLAH. 2019. “JENIS UMPAN BALIK DAN ESKALASI KOMITMEN: SUATU STUDI EKSPERIMENTAL”. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi 4 (2):183-95. https://doi.org/10.34208/jba.v4i2.552.