KAJIAN EMPIRIS ATAS PENGARUH PENDIDIKAN TINGGI AKUNTANSI TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL

Authors

  • SRI SURYANINGSUM UPN Veteran Yogyakarta
  • SUCAHYO HERININGSIH UPN Veteran Yogyakarta
  • AFIFAH AFUWAH UPN Veteran Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.34208/jba.v6i3.579

Keywords:

Pendidikan tinggi akuntansi, Kecerdasan emosional

Abstract

Penelitian pendidikan merupakan salah satu upaya yang diarahkan guna meningkatakan hasil belajar dan kualitas mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis ada tidaknya perbedaan kecerdasan emosional antara mahasiswa junior dan mahasiswa tingkat akhir, antara mahasiswa dan bukan mahasiswa dengan tingkat usia yang sama. Alat analisis yang digunakan adalah uji beda. Hasil penelitian ini adalah tingkat kecerdasan emosional mahasiswa junior dan mahasiswa tingkat akhir jurusan akuntansi berbeda secara signifikan, namun perbedaan itu lebih dipengaruhi oleh factor usia semata. Hal ini dapat diketahui karena tingkat kecerdasan emosional mahasiswa tingkat akhir berbeda secara signifikan dengan pemuda sebaya yang tidak pernah mengenyam bangku pendidikan tinggi akuntansi, dalam hal ini karyawan memiliki skor kecerdasan emosional yang lebih baik daripada mahasiswa tingkat akhir, sehingga pengalaman mengikuti pendidikan tinggi akuntansi ternyata tidak menimbulkan perbedaan itngkat kecerdasan emosional seseorang. 

Published

2019-11-07

How to Cite

SRI SURYANINGSUM, SUCAHYO HERININGSIH, and AFIFAH AFUWAH. 2019. “KAJIAN EMPIRIS ATAS PENGARUH PENDIDIKAN TINGGI AKUNTANSI TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL”. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi 6 (3):303-25. https://doi.org/10.34208/jba.v6i3.579.